2 Nov 2015

8 Info Penting Kebiasaan Di Dapur Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Keluarga


8 info penting yang akan diulas kali ini perlu anda simak. Info tentang seputar kebiasaan yang sering kita lakukan di dapur yang akan memberi manfaat bagi kesehatan keluarga kita. Dapur merupakan jantung dari sebuah rumah, karena di tempat inilah makanan sebagai sumber kehidupan tercipta. Persiapan dan pengolahan makanan yang baik sangat penting untuk diperhatikan, karena jika makanan dibuat melalui proses yang baik pasti akan memberi pengaruh besar terhadap kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. 


Banyaknya aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, membuat kita kadang mengabaikan hal-hal yang seharusnya kita perhatikan saat mengolah makanan di dapur.  Proses memasak, di mulai dari meracik bahan-bahan hingga makanan terhidang di meja, sebenarnya sangat perlu kita cermati lagi. Saatnya kini kita cek  kembali kebiasaan-kebiasaan yang mungkin pernah kita lakukan di dapur yang mungkin tidak bermanfaat bagi kesehatan. Berikut 8 info penting yang wajib untuk dibaca dan bisa kita terapkan di dapur rumah kita. Semoga bermanfaat. 



1. Menghangatkan sayur berkali-kali, terutama sayur yang bersantan.

Kebiasaan ini mungkin yang paling sering kita lakukan.Karena kadang kita tidak tega untuk membuang makanan yang masih tersisa dan juga biasanya makanan yang sudah dihangatkan secara berulang lebih nikmat di lidah. Namun, yang perlu anda ketahui adalah proses pemanasan yang berulang pada makanan tersebut akan menghilangkan zat gizi yang terkandung dalam makanan sehingga tidak bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mengatasi hal ini, mulai sekarang biasakan untuk memasak secukupnya dan upayakan makanan habis dalam sehari.

2. Menghangatkan/memasak sayur atau lauk pauk dengan mengunakan tempat berbahan plastik

Proses pemanasan akan mempengaruhi bahan plastik yang digunakan. Zat kimia yang terdapat di dalam plastik cepat atau lambat akan menjadi salah satu pencetus gangguan kesehatan terutama kanker. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bahan alami untuk membungkus bahan makanan saat proses memasak. Contohnya menggunakan daun pisang untuk membuat lontong, pepes, dll. 

3. Menggunakan minyak goreng berulang-ulang

Pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang dan menyimpanya hingga berwarna kecoklatan hanya akan merugikan bagi kesehatan. Selain dapat meningkatkan kolesterol, penggunaan minyak yang berulang-ulang akan menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker. Jika anda menampung minyak, jangan lupa ditutup, karena apabila dibiarkan terbuka akan mengundang tumbuhnya jamur. 

4. Perhatikan kebersihan lemari es secara teratur 

Biasakan mencuci sayur dan buah-buahan sebelum disimpan di kulkas, kemudian bungkus dengan rapi. Perhatikan pula telur dan bahan makanan lainnya yang anda simpan di lemari es, jangan terlalu lama menyimpannya. Telur akan rusak jika terlalu lama disimpan dan apabila ada telur yang retak segera ambil karena akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Bila anda temukan bahan makanan yang sudah tidak layak konsumsi segera buang agar tidak menjadi tempat berkembang biak jamur, bakteri maupun kuman. 

5. Gunakan bahan alami untuk pewarna makanan dan kurangi penggunaan penguat rasa saat memasak

Sebisa mungkin gunakan bahan-bahan yang alami sebagai zat pewarna maupun untuk bumbu masakan. Anda bisa menggunakan, daun pandan untuk memberi warna hijau, warna kuning dengan kunyit, dll. Usahakan pula saat anda memasak gunakan racikan bumbu-bumbu yang alami dari pada bumbu instan. Selain itu, mulai kurangi penggunaan penguat rasa (MsG) saat memasak. 

6. Perhatikan penggunaan telenan

Gunakan beberapa telenan untuk memotong sayur, buah maupun daging. Apabila anda hanya memiliki satu telenan, sebaiknya cuci bersih dan siram dengan air panas telenan tersebut sebelum digunakan. 

7. Cek tempat penyimpanan makanan dan alat-alat makan

Tempat penyimpanan makanan maupun alat-alat makan perlu menjadi perhatian agar terhindar dari lalat dan debu. Saat mencuci piring, sendok, garpu dan alat-alat makan lainnya akan lebih baik jika disiram dengan air panas saat pembilasan terakhir.

8. Terakhir yang perlu di perhatikan

Usahakan di dapur tersedia tempat sampah, tempat mencuci tangan dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena hal ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. 

Sumber: Kompas 










Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.UmZIJNtB.dpuf