10 Sep 2015

Tips Membuat Kue Kering Yang Renyah

Sudah menjadi suatu tradisi atau kebiasaan di masyarakat bahwa saat menyambut hari raya panganan kue kering merupakan daftar wajib yang selalu hadir di setiap rumah. Buat yang tidak sempat membuat sendiri atau yang tidak mau repot biasanya lebih memilih untuk membeli kue kering di supermarket maupun di toko-toko kue. 


Namun, tidak jarang juga banyak yang menyempatkan waktu untuk membuat kue kering sendiri di rumah. Kita juga bisa berkreasi sendiri dirumah untuk membuat kue kering yang berkualitas tidak kalah dengan kue yang dijual di toko. Untuk membuat kue kering yang enak, renyah, lembut dan awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama, mungkin tips membuat kue kering yang renyah kali ini bisa bermanfaat. 

Berikut ini, beberapa tips membuat sajian kue kering yang anda buat menjadi lebih renyah dan memiliki  cita rasa yang bisa memuaskan selera anda, selamat membaca dan semoga bermanfaat. 


TIPS MEMBUAT KUE KERING RENYAH


  • Sangrai tepung terigu hingga kering atau jemur dibawah terik matahari terlebih dahulu sebelum dipergunakan untuk membuat kue kering. 

  • Saat mengocok mentega jangan terlalu lama karena adonan akan menjadi terlalu lembek dan susah untuk dicetak. Cukup dengan mengocok beberapa saat saja asal bahan tercampur rata. 

  • Apabila ingin membuat kue kering yang renyah dan tidak melebar bisa mengganti kuning telur mentah dengan kuning telur yang direbus  kemudian disaring halus dengan jumlah yang sama. 

  • Supaya kue kering tidak  menjadi keras perlu diperhatikan saat menguleninya. Jangan ditekan terlalu keras cukup remas perlahan adonan dengan jari-jari dan jangan terlalu lama menguleni adonan bisa juga mengaduk adonan dengan menggunakan sendok kayu. 

  • Perhatikan teknik pemangganganya, karena hal ini juga akan mempengaruhi kue kering yang dihasilkan, apabila ingin menghasilkan kue kering yang renyah tambahkan waktu pemamggangannya. 

  • Jangan menggunakan minyak goreng untuk melapisi loyang karena minyak akan terbakar dan sulit dibersihkan, lapisi loyang dengan margarin atau mentega agar kue kering mudah untuk diambil ketika sudah matang.  

  • Jangan tambahkan tepung lagi jika adonan yang dihasilkan terlalu lembek dan sulit dicetak. Coba masukan adonan kedalam kulkas dengan wadah tertutup plastik, biarkan hingga adonan agak mengeras dan bisa dicetak.

  • Jika menggunakan buah kering sebagai bahan tambahan/hiasan, cuci terlebih dahulu baru ditiriskan. Tujuannya agar tampilan kue kering menarik tanpa ada buah kering yang nampak gosong. 

  • Kalo ingin menambahkan kacang-kacangan dalam adonan kue kering sebaiknya sangrai terlebih dahulu karena apabila tidak disangrai dulu kacangnya tidak akan matang. 

  • Beri jarak saat mencetak kue kering di loyang agar ketika kue di oven dan mengembang hasilnya tetap bagus dan tidak saling melekat. 

  • Dinginkan terlebih dahulu kue kering sebelum dimasukkan ke dalam toples atau ke tempat penyimpanan. 

  • Jangan terlalu sering membuka dan menutup tempat kue supaya kerenyahan kue kering tetep terjaga. Bedakan wadah kue untuk suguhan dengan wadah kue yang disimpan untuk persediaan. 


Sumber: Solopos, Bogasari. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.UmZIJNtB.dpuf