2 Okt 2015

Tips Membuat Peralatan Dapur Lebih Awet

Pastinya hidup kita tidak bisa dipisahkan dengan berbagai peralatan didapur. Berbagai macam jenis dan fungsinya, yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari dalam proses masak-memasak. 


Dengan seringnya dipergunakan, alat-alat memasak tersebut jadi cepat usang dan tidak 'cling' lagi. Padahal dengan perawatan yang tepat dapat membuat peralatan masak tersebut menjadi lebih tahan lama. Berikut ini tips membuat peralatan dapur anda agar lebih awet. 



  • Setelah mempergunakan alat pemanggang berbahan stainless steel, bersihkan dengan cara merendam di air hangat terlebih dahulu dan beri beberapa tetes air jeruk nipis/lemon. Kemudian baru gosok perlahan dengan mempergunakan spons. Air hangat dan air jeruk nipis/lemon bermanfaat untuk menghilangkan noda dan bau dengan mudah. 


  • Jika menggunakan alat dapur yang berbahan plastik, bersihkan dengan cara rendam di air panas selama 15 menit sampai minyak dan lemak yang menempel hilang. Setelah itu, cuci dengan menggunakan cairan pencuci piring  menggunakan spons, gosok dengan perlahan agar tidak mengikis lapisan luar alat dapur dan memudarkan warnanya. 


  • Untuk membersihkan wajan anti lengket, jangan menggunakan sabut logam, atau spons yang kasar gunakan spons lembut agar lapisan anti lengketnya tidak mudah mengelupas. Setelah dipergunakan juga jangan langsung dicuci dengan air dingin, tunggu sampai suhunya normal.


  • Oven setelah dipakai, jangan tunggu dingin dulu untuk membersihkannya. Dalam kondisi hangat, oven akan lebih mudah dibersihkan tanpa menimbulkan goresan. Pergunakan lap bersih, dan jangan lupa ikuti aturan yang ada di oven untuk membersihkannya. 


  • Kompor gas yang terkena lemak dan noda minyak bisa dibersihkan dengan cara mencampur 1 sdt baking soda dengan 2 sdt cuka/perasan air lemon dan sabun cair ke dalam air panas. Semprotkan campuran tersebut pada bagian yang kotor, gosok perlahan dengan lap yang lembut yang menyerap air. Kandungan asam di cuka dan lemon membuat noda cepat hilang. 


  • Telenan kayu usai digunakan untuk memotong daging/ayam akan meninggalkan noda amis, untuk menggatasinya dengan olesi permukaannya dengan minyak goreng lalu rendam di air panas. Baru cuci dengan cairan pencuci piring, bilas keringkan sebelum disimpan. 


  • Ulekan batu saat mencuci gunakan sabut kelapa, keringkan dan simpan di tempat yang kering agar tidak berjamur. 


  • Agar bahan makanan tidak lengket di panci, rebus air campur dengan 1 sdt cuka dengan panci tersebut selama 5 menit. Buang air rebusab, maka panci siap digunakan. 


  • Setelah dicuci biasanya, alat dapur berbahan stainless stell atau alumunium akan meninggalkan noda bercak air. Cara menghindarinya dengan cara mengeringkan alat-alat tersebut dengan lap yang menyerap air. 


Sumber: Tabloid Nova 
  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.UmZIJNtB.dpuf