29 Okt 2015

Tips Jitu Mengetahui Kualitas Telur Sebelum Dikonsumsi

Tips jitu mengetahui kualitas telur sebelum dikonsumsiKali ini kita akan sedikit mengulas tentang tips/cara yang jitu untuk mengetahui kualitas telur sebelum kita masak/dikonsumsi. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang biasanya distok dalam jumlah yang banyak. Telur memang bahan pangan yang sangat praktis dalam pengolahannya, sehingga tidak heran apabila telur sering disajikan sebagai lauk ataupun bahan pelengkap dalam masakkan kita. 

Telur sebenarnya memilki batas waktu tertentu apabila disimpan dalam suhu ruangan. Keterbatasan kita sebagai konsumen adalah saat membeli telur kita tidak tahu secara pasti  berapa lama telur tersebut sudah didiamkan dalam wadah penyimpanan. Beberapa tips berikut ini akan mengulas beberapa cara jitu yang bisa anda terapkan untuk menilai kualitas telur yang layak konsumsi.

Letakkan telur dalam air
  • Siapkan mangkuk, isi dengan air dingin kira-kira 2 kali lipat dari tinggi telur, kemuadian ambil 1 butir telur dan letakkan di dalam mangkuk. Apabila telur tersebut tenggelam dan berbaring berarti telur tersebut memiliki kualitas yang baik, tapi jika telur tersebut tenggelam namun berdiri, hal ini menandakan bahwa telur tersebut sudah lebih dari satu pekan. Untuk telur yang  setelah dimasukkan dalam mangkuk tadi mengapung, bisa dipastikan telur tersebut sudah busuk dan tidak layak konsumsi. 


Kocok Telur
    Tips jitu mengetahui kualitas telur sebelum dikonsumsi
  • Tips yang lainnya adalah dengan cara mengocok telur di dekat telingga kita. Apabila saat telur dikocok anda mendengar seperti ada suara tumpah yang jelas, lebih baik telur tersebut jangan anda konsumsi. Dan sebaliknya jika saat anda mengocok telur tidak mendengar suara apa-apa maka telur tersebut masih bisa anda konsumsi. 


Melihat Kuning Telur
  • Tips selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memecahkan telur di atas piring. Setelah itu anda lihat bercak putih (albumen). Jika bercak putih tersebut berwarna pekat dan letaknya sangat dekat dengan kuningnya, berarti telur tersebut masih sangat segar. Dan sebaliknya, jika bercak putih itu berwarna bening serta letaknya agak jauh dari kuning telur, berarti telur tersebut sudah tua dan masih bisa dikonsumsi. Sebaiknya jangan kinsumsi telur apabila bercak putih yang terdapat
    dalam telur tersebut encer/cair karena telur yang seperti ini memiliki kualitas yang jelek.


Sumber: Okezone.com dan Resep.id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.UmZIJNtB.dpuf