28 Apr 2015

Coffe Bun Ala Roti Boy



HOMEMADE COFFE BUN

Hari ini coba-coba resep buat Coffe bun atau yang terkenal dengan roti boy. Kalo biasanya beli, tidak ada salahnya kalo kita mencoba membuat sendiri dirumah. Untuk hasilnya tidak mengecewakan rasanya sama enaknya dengan yang biasa dibeli. 

Resep kali ini perpaduan dari Resep Tiya Rahmatiya dan dari Fylosophia dipilih yang mudah dan simpel buatnya, dan sedikit modifikasi disesuaikan dengan bahan yang ada dirumah. Selamat mencoba semoga bermanfaat.




Bahan:

Bahan Adonan Roti

200 gr terigu protein tinggi 
50 gr terigu protein sedang
50 gr gula pasir
10 gr susu bubuk
50 gr margarin
100 ml air es
2 kuning telur, kocok lepas
6 gr ragi instan
1/4 sdt garam


Bahan Isian:

30 gr margarin
1 sdm gula halus
--> Campur dan aduk kedua bahan menggunakan sendok sampai tercampur rata, dinginkan dalam kulkas.



Bahan Topping:

45 gr margarin
40 gr gula halus
30 gr terigu protein rendah
1 sdm maizena 
1 putih telur
1 sdt kopi hitam (larutkan dengan 1 sdm air hangat)




Cara membuat:
  1. Campurkan terigu, susu bubuk, gula, ragi, aduk rata.
  2. Tambahkan kuning telur beri air es sedikit demikit sambil diuleni hingga kalis. 
  3. Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis elastis. Adonan kalis elastis bila direnggangkan tipis adonan tidak mudah sobek. Bulatkan adonan. 
  4. Taruh adonan dalam wadah yang telah dioles minyak, tutup dengan serbet bersih dan lembab/plastik wrap. Diamkan selama 45-60 menit untuk proses fermentasi (proofing 1) sampai adonan mengembang 2x lipat. 
  5. Kempeskan adonan, uleni sebentar, Bagi adonan sekitar 40-50 gr. Diamkan kembali selama 10 menit. Pipihkan adonan, beri isian, rapatkan dan bulatkan. 
  6. Tata dan letakkan di loyang yang telah dioles mentega. Diamkan kembali 30-40 menit untuk fermentasi (proofing 2) biarkan hingga mengembang lagi. 
  7. Sambil menunggu proses fermentasi, buat adonan untuk topping dengan cara mengocok margarin dan gula hingga benar-benar lembut, tambahkan putih telur, kocok rata. Tambahkan terigu dan maizena, aduk rata. Masukkan kedalam kantong segitiga.
  8. Panaskan oven 190-200'C, oven harus sudah panas saat adonan roti masuk.
  9. Setelah proofing ke 2, semprotkan topping melingkar, hingga 3/4 permukaan adonan. Panggang adonan  sekitar 12 menit sampai permukaan topping mengering, angkat, sajikan dalam keadaan hangat lebih nikmat.
  10. Simpan roti yang telah dingin di wadah yang kedap udara. Apabila ingin dimakan bisa dihangatkan terlebih dahulu dengan di oven selama 2-3 menit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.UmZIJNtB.dpuf