10 Jan 2016

Tips Mudah Memilih Durian


tips mudah memilih durian
Bagi sebagian orang durian adalah buah favorit. Buah berduri tanjam dengan aroma yang khas dan memiliki daging buah yang lembut dan legit, menjadi incaran banyak orang untuk menikmatinya. 

Untuk memilih durian dengan tingkat kematangan yang pas memang susah-susah gampang. Bahkan kandang kita harus bolak-balik untuk mencicipi durian untuk mencari rasa yang pas sesuai selera kita. 
Sekarang anda bisa sedikit menghilangkan kegundahan saat memilih durian, tidak ada salahnya anda luangkan waktu sejenak untuk membaca tips mudah untuk memilih durian ini. Semoga bermanfaat.    


Jangan Hanya Melihat Dari Fisiknya Saja

Untuk menilai tingkat kematangan durian jangan hanya dilihat dari warna kulitnya saja karena buah durian sendiri memiliki banyak warna seperti hijau, kuning maupun kecoklatan. Setiap warna tersebut belum tentu mengambarkan kualitas dari buah durian. Warna hijau tidak selalu belum matang, begitu pula warna kuning pada buah durian juga tidak menjamin durian telah matang.  Durian lokal dari Indonesia walaupun berwarna hijau namun biasanya telah matang. 

tips mudah memilih durianDengarkan Bunyi Durian

Saat kita memilih durian, saat durian dipukul buah tersebut menghasilkan suara yang 'mendem' berarti menandakan durian siap untuk disantap.Namun, apabila saat dipukul durian berbunyi kencang, hal ini berarti durian masih belum matang. 

Lihat Tangkai Buah

Durian yang langsung jatuh dari pohon akan memiliki kualitas daging buah yang matang dan baik dibandingkan jika durian tersebut dipetik paksa dari pohon. Untuk membedakan durian jatuh langsung dari pohon atau dipetik, kita bisa perhatikan dari tangkai buahnya. Tangkai durian yang dipotong tangkainya akan halus karena dipotong menggunakan pisau sedangkan durian yang jatuh dari pohon tangkainya akan tidak rata. 

Jangan Lupa Perhatikan Musim 

Perubahan musim juga akan mempengaruhi kualitas daging buah durian yang dihasilkan. Apabila durian dihasilkan ketika musim hujan biasanya kualitas daging buahnya akan kurang baik. Sebaliknya jika buah durian dihasilkan saat musim kemarau, maka kita akan mendapatkan kualitas dan kelegitan daging buah durian yang terbaik. 

Cium Aroma Durian 

Biasanya buah durian yang matang akan mengeluarkan aroma yang harum dan khas. Ketika memperhatikan fisik durian, kita bisa sambil mendekatakan hidung untuk mencium aroma durian, jika tercium wanginya, maka durian tersebut telah matang. Durian yang matang aromanya akan menembus kulit walaupun kulit belum dibuka. 

Sumber: Kompas  



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.UmZIJNtB.dpuf